Transformasi Kreatif: Kolaborasi Mahasiswa PPG Prajabatan dan Dosen dalam Program TOT Menulis Cerpen Untuk Guru Sekolah Menengah

By Opini Ummah | 11 July 2023 13:34:53 | 165 | 0
gambar oleh tim PPG UM
gambar oleh tim PPG UM

Mediaumat.id - Dalam upaya meningkatkan kemampuan kepenulisan cerpen bagi guru sekolah menengah, mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang memainkan peran yang krusial dengan melakukan kolaborasi erat bersama dosen. Program Training of Trainer (TOT) Menulis Cerpen untuk Guru Sekolah Menengah menjadi acara inovatif yang berlangsung di Gedung Aula Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang pada Senin,10 Juli 202. Acara ini telah sukses dilaksanakan dengan melibatkan tiga pemateri handal, seperti Dr. Roekhan, M.Pd., Prof. Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd., dan Sutrisno Gustiraja A., M.Pd. Pemateri yang hadir merupakan para ahli dengan pengalaman luas dalam bidang penulisan cerpen.

 

Melalui program Training of Trainer (TOT), selanjutnya disebut TOT, mahasiswa PPG Prajabatan juga memiliki kesempatan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan menulis mereka kepada guru-guru. Kolaborasi ini memungkinkan mahasiswa PPG Prajabatan untuk memberikan panduan praktis dan umpan balik yang berharga kepada para guru. Hal ini dilakukan dengan memberikan dukungan kepada guru dalam merancang dan mengajar materi menulis cerpen secara efektif. Dengan adanya kolaborasi ini, mahasiswa PPG Prajabatan juga dapat memperkuat keterampilan mereka sebagai calon pendidik dan membantu meningkatkan kualitas pengajaran menulis cerpen di sekolah menengah.

lanjutan.. 

TAG