10 Kiat Agar Bisa Sholat Shubuh

By Admin Mediaummat | 14 November 2023 10:51:00 | 24 | 0
Internet
Internet

10 Kiat Agar Bisa Sholat Shubuh

"Sesungguhnya dua sholat yang paling berat bagi orang munafik adalah sholat isya' dan sholat shubuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya. Niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak" (HR. Bukhari-Muslim)

Seorang teman berkata: "Sebenarnya saya ingin sholat shubuh. Sayangnya, saya berat untuk bangun shubuh. Kalau saya bangun shubuh, saya selalu ngantuk saat bekerja. Makanya bangunnya saya pas kan jam 06.00 pagi,".Inilah fenomena yang sudah lazim kita temui.

Berikut tips-tips menjalankan sholat shubuh dengan mudah menurut DR. Raghib As-Sirjani:

  1. Hati Harus Ikhlas

Ikhlas menjadi tips terpenting dalam membantu kita agar kita bisa shalat shubuh. Tanpa keikhlasan, seseorang tidak akan bisa melaksanakan subuh secara teratur. Keikhlasan tidak akan muncul, kecuali anda mengembalikan segalanya kepada Allah. Ikhlaskanlah niat hanya karena Allah, dan berikanlah hak-hakNya. Orang yang sudah bisa sholat shubuh tapi di kemudian hari putus sholatnya berarti orang itu bukanlah orang yang ikhlas.

  1. Niat dengan Tekad Yang Kuat

Kalau seorang muslim betul-betul merasakan tingginya nilai shalat subuh berjama'ah, maka dia akan mengatur seluruh kehidupannya agar bisa bangun shalat subuh.

Anda jangan terpengaruh dengan banyaknya orang yang meninggalkan shalat subuh, sebagaimana sebuah hadits Rasulullah yang diriwayatkan dari Imam Tirmidzi dari Hudzaifah r.a:

"Janganlah kamu jadi orang yang ikut-ikutan; kamu mengatakan: 'jika orang-orang baik, kamu akan menjadi baik, dan jika mereka berbuat dzalim maka kami juga akan berbuat dzalim' Tetapi berdirilah dengan kokoh pada prinsip: 'jika orang-orang menjadi baik kamu juga akan menjadi baik dan jika orang-orang berbuat jelek maka janganlah kamu berbuat zhalim'"

Lihatlah para sahabat Rasulullah seperti Anas Bin Malik yang menangis karena ketinggalan satu sholat shubuh. Kalau kita? Sudah bertahun-tahun tidak sholat shubuh ya tidak apa-apa. Enjoy aja!

  1. Menghindari Dosa

Orang yang bisa sholat shubuh adalah orang yang taat dan suka bertaubat kepada Allah. Jika hati kita berlumuran dosa, bagaimana mungkin kita bisa mendengar panggilan adzan?

Jangan meremehkan dosa yang kita lakukan meski dosa kita sedikit. Bisa jadi dosa ini menjadi penyebab kita absen dalam shalat shubuh

  1. Berdo'a Kepada Allah

Memohonlah  kepada Allah sebelum tidur agar diberi kesempatan untuk melaksanakan shalat subuh berjama'ah esok harinya. Perbanyaklah membaca do'a agar Allah memberi kesempatan untuk shalat shubuh

  1. Berteman dengan Orang Sholeh

Bergaullah dengan orang-orang yang sholeh. Hanya bergaul dengan orang-orang sholeh yang akan mendorong kita untuk bersegera melaksanakan ketaatan, termasuk shalat subuh berjama'ah. (Tombo ati iku ono limo. Salah sawijining, wong kang sholeh kumpulono)

  1. Memperhatikan Cara Tidur

Latihlah untuk tidur dengan cara yang diajarkan Rasulullah (tidur awal, berwudhu sebelum tidur, miring ke kanan, berdo'a). Tidurlah lebih awal dan bangunlah lebih cepat karena menurut penelitian sangat baik bagi kondisi Anda.Tidak ada gunanya Anda begadang sampai larut malam. Hilangkan kebiasaan menongkrong apalagi cangkrukan di pinggir jalan. Mending dibuat tidur agar bisa bangun shubuh.

Diriwayatkan Imam Bukhori dan Imam Muslim dari Abu Barzah bahwa Rasulullah tidak suka tidur sebelum Isya' dan tidak suka ngobrol sesudahnya.

Tidak ada pembicaraan setelah Isya' kecuali karena kebutuhan yang jelas. Bila memang ada kepentingan yang mendesak setelah Isya', lakukan dalam tempo yang singkat

  1. Jangan Kekenyangan

Menyedikitkan makan sebelum tidur serta jauhilah teh dan kopi pada malam hari. Inilah tips yang harus Anda kerjakan. Makan banyak sebelum tidur akan menyusahkan badan Anda. Tidur pun menjadi gelisah serta mengganggu kesehatan. Minum teh dan kopi di malam hari justru bisa melambatkan tidur sehingga membuat badan lelah dan susah bangun waktu sholat Shubuh.

  1. Mengingat-ingat Keutamaan Waktu Fajar

Tulislah pengingat hadist-hadist yang menjadi pendorong Anda untuk mengerjakan sholat shubuh. Jangan lupa dituliskan keutamaan sholat shubuh. Letakkan di tempat yang bisa Anda lihat.

Sekalipun Anda memelihara sholat Shubuh secara terus menerus namun terkadang Anda lupa besarnya pahala dalam sholat shubuh. Akibatnya sholat shubuh Anda berubah menjadi rutinitas tanpa ruh. Untuk itulah, apabila Anda menuliskannya di dalam kertas dengan bagus, akan memberi semangat Anda kembali.

  1. Gunakan Jam Weker

Jam Weker bisa digunakan sebagai alat perantara agar kita bisa bangun shubuh. Jika Anda memasang bel setalah sholat shubuh berarti Anda sengaja meninggalkan kewajiban sholat shubuh. Pasang jam weker tepat pada saat adzan shubuh berkumandang. Anda bisa mendengar suara Adzan itu dan Insya Allah kalimatnya akan menggerakkan hati dan ruh Anda agar Anda bangun.

Usahakan membeli jam weker yang bersuara ribut, bukan yang bermusik.  Jauhkan jam weker Anda dari tangan Anda sehingga Anda tidak bisa mematikannya.

10. Ajaklah Orang Lain

Ajaklah orang lain untuk shalat subuh dan mulailah dari keluarga Anda. Mulai dari anak-anak, istri, saudara dan kedua orang tua kita. Apabila Anda merasa berat dalam sholat shubuh jangan harap orang-orang yang Anda cintai bisa mengerjakan sholat shubuh.

Tidur Bersama Rasulullah

  • Rasulullah sebelum tidur selalu berwudhu. Jadi tidur dalam keadaan suci. Dengan maksud apabila kita meninggal pada malam itu, kita meninggalnya dalam keadaan suci.
  • Rasulullah tidurnya menghadap ke kanan
  • Membaca doa sebelum tidur. Disunnahkan membaca Ayat Kursi agar kita dijauhkan dari gangguan setan yang bisa membuat kita tidak bisa bangun shubuh.
  • Sebelum tidur, kibaskanlah tempat tidur kita 
TAG