PEMILU TELAH DILAKSANAKAN, LANTAS APA YANG HARUS DILAKUKAN?

By Agus Fadilla Sandi | 13 March 2024 15:40:43 | 64 | 0
gambar oleh pexels
gambar oleh pexels

Pertama, Berbaik Sangka kepada Allah. Apapun hasil resminya mendatang, berbaiksangkalah! Yakinilah bahwa Allah lebih mengetahui yang terbaik bagi hamba-Nya.

...وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

"...Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagi kamu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal tidak baik bagi kamu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Q.S. Al-Baqarah [2]: 216)

Kedua, Saling Mencintai dan Mendoakan. Bukan saling membenci dan melaknat.

خيار أئمتكم الذين تحبونهم ويحبونكم، وتصلون عليهم ويصلون عليكم، وشرار أئمتكم الذين تبغضونهم ويبغضونكم، وتلعنونهم ويلعنونكم

"Sebaik-baik pemimpin kalian adalah yang kalian mencintai mereka dan mereka pun mencintai kalian. Mereka mendo’akan kalian dan kalian pun mendo’akan mereka. Sejelek-jelek pemimpin kalian adalah yang kalian membenci mereka dan mereka pun membenci kalian, juga kalian melaknat mereka dan mereka pun melaknat kalian.” (H.R. Muslim No. 1855)

Fudhail bin ‘Iyadh berkata, “Seandainya aku memiliki doa yang mustajab, aku akan tujukan doa tersebut pada pemimpinku.”

Lantas Fudhail ditanya, “Mengapa demikian?” Ia menjawab, “Jika aku tujukan doa tersebut pada diriku, maka itu hanya bermanfaat untukku. Namun jika aku tujukan untuk pemimpinku, maka rakyat dan negara akan menjadi baik.”

Ketiga, Introspeksi Diri. Pemimpin adalah cerminan rakyatnya. Maka, setiap orang harus memperbaiki kualitas dirinya dengan harapan kelak Allah karuniakan pemimpin yang terbaik pula. Hentikan saling mencela dan mengumbar aib. Lihat diri sendiri dalam diam. Renungi dengan mendalam.

... إِنَّ ٱللَّهَ لَا یُغَیِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتَّىٰ یُغَیِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمۡۗ ...

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..." (Q.S. Ar-Raʿd [13]: 11)

Semoga Allah memberikan keberkahan bagi tanah air Indonesia. Aamiin ya rabbal alamin.


- Abu Musa, Agus Fadilla Sandi- 

TAG