Sunnah Nabi di Hari Idul Fitri

By Agus Fadilla Sandi | 22 April 2024 14:36:29 | 43 | 0
gambar oleh canva
gambar oleh canva

Nabi adalah teladan yang baik (ٌاُسوةٌ حسنة). Meneladaninya akan mendapatkan kebaikan, terkhusus pada momentum Idulfitri.

Sunah Nabi di Hari Idulfitri dapat dirangkum ke dalam dua belas poin berikut:

1. Mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan salat Idulfitri.
2. Memakai pakaian dan wewangian terbaik yang dimiliki. Di antara pakaian terbaik adalah yang berwarna putih, dan wewangiannya adalah Kasturi (misk).
3. Makan sebelum menuju tempat salat. Dapat pula memakan kurma dengan jumlah ganjil.
4. Mengajak seluruh anggota keluarga untuk hadir ke tempat salat. Dianjurkan untuk menghadirinya agar merasakan kebahagiaan bersama. Adapun bagi yang tidak suci dapat menyaksikan dari luar masjid/tempat salat.
5. Memperbanyak takbir (الله أكبر) hingga ditegakkannya salat Idulfitri.
6. Berjalan kaki menuju tempat salat. Berjalan kaki lebih utama, walau menggunakan kendaraan lainnya tak mengapa.
7. Memperlambat waktu pelaksanaan salat Idulfitri. Salah satu hikmahnya memberikan kesempatan bagi yang hendak menunaikan zakat fitrah dan juga menunggu jemaah yang akan menghadiri.
8. Menegakkan salat Idulfitri tanpa azan dan iqomah. Tidak ada bacaan khusus sebelum salat ditegakkan. Cukup dengan imam berdiri sebagai tanda akan dimulainya salat.
9. Menegakkan salat berjamaah dan mendengarkan khotbah dengan saksama.
10. Bagi Imam disunahkan membaca surah Qaf pada rakaat pertama dan surah Al-Qomar pada rakaat kedua atau surah Al-A'la pada rakaat pertama dan surah Al-Ghasyiyah pada rakaat kedua. Empat surat ini yang secara jelas disunahkan untuk dibaca pada salat Idulfitri, meskipun membaca surat yang lain juga diperbolehkan.
11. Pergi dan pulang dengan melewati jalan yang berbeda. Menempuh jalan yang berbeda saat berangkat ke tempat salat dan sekembalinya agar semakin banyak bagian dari bumi Allah yang menjadi saksi atas amal saleh yang dilakukan hamba-Nya ketika di dunia.
12. Saling mendoakan sesama kaum muslimin. Berdoa agar amalan saat Ramadan diterima Allah. Permisalan do'a yang dapat dipanjatkan sebagaimana ulama terdahulu ialah تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنِْكُمْ.

Semoga rangkuman ini bermanfaat dan dapat diamalkan di hari Idulfitri ini. Jazakumullahu Khairan.

Rabu, 1 Syawal 1445 H/10 April 2024
Abu Musa, Agus Fadilla Sandi

TAG